Kamis, 26 Januari 2017

BAHAGIA DI HARI TUA

13.21 - By zhae_onnet 0

Bahagia menurut KBBI adalah keadaan atau perasaan tenang dan tenteram. Saya lebih condong memahami bahagia itu sebagai sebuah perasaan, artinya sesuatu yang muncul dari dalam, bukan karena sesuatu yang berada di luar (keadaan). Tapi, bisa juga keadaan di sekitar bisa mempengaruhi perasaan atau juga sebaliknya.
Berbicara tentang bahagia, itu hampir pasti keinginan setiap orang, tidak terkecuali Saya dong, hehe... Kata orang bahagia itu sederhana. Hmm...Saya mulai mikir hal-hal sederhana yang bikin bahagia. Ternyata benar, hal sederhana seperti ketemu lampu warna hijau pas lewat perempatan jalan, nyata meningkatkan mood kerja di kantor seharian :))
Atau pas dapet traktiran makan siang di rumah makan "sederhana" juga bisa bikin bahagia, bahagia di kantong, di perut dan di hati :D
Atau pas dapet 30 juta dari lomba nulis blog pasti jelas dan clear bisa bikin bahagia (klik aja pesan sponsor di bawah, biar kita lomba untuk mendapatkan bahagia :))


Kalau boleh memilih hanya hal-hal sederhana dan bikin bahagia saja yang telah-sedang-akan Saya alami, maka Saya bisa dapet kebahagiaan sepanjang hayat (amiin..). Tapi, itu hal yang hampir mustahil kalau tidak mau dibilang tidak mungkin. Karena seperti juga hitam dan putih, pria dan wanita, siang dan malam, muda dan tua, maka bahagia dan sedih seperti dua sisi mata uang. Jika siap menggenggam kebahagiaan, juga harus siap apabila mendapatkan kesedihan/kemalangan.

Sebagai seorang karyawan, bagi Saya perencanaan menjadi hal yang sangat penting. Orang bijak pernah berkata, kegagalan dalam merencanakan sama dengan merencanakan kegagalan. Terutama dalam hal bagaimana mangalokasikan gaji atau penghasilan setiap bulan untuk kebutuhan rutin sehari-hari, membayar cicilan hutang, dan menabung atau investasi. Kadang, bahkan sering, yang disebut terakhir tidak pernah bisa konsisten dan presisten dijalankan. Hal ini membuat rencana menabung sering kali tersendat-sendat jika tidak ingin dibilang terhenti di tengah jalan.
Padahal yang disebut terakhir adalah yang maha penting untuk bekal hidup di hari tua atau pensiun. karena sebagai karyawan dengan penghasilan tetap setiap bulan, musuhnya adalah inflasi. Dimana kenaikan harga barang atau jasa akan menggerus nilai uang yang kita miliki. Untuk melawan inflasi, bisa dilakukan dengan jalan investasi yang memiliki return rate atau imbal hasil di atas rata-rata inflasi tahunan. Menabung adalah satu hal dan investasi adalah hal yang lainnya.

Beruntung, harapan itu masih ada, Saya 'dipaksa' menabung sebesar 5,7% dari penghasilan setiap bulan dan sekaligus dikelola (diinvestasikan) untuk memberikan imbal hasil yang lebih baik dibanding tabungan, dan beruntungnya lagi, 3,7% dari 5,7% dibayarin sama kantor...hehe, ini juga bikin Saya bahagia. Usut punya usut, hal ini bisa terjadi karena sejak mulai bekerja, Saya sudah didaftarkan dan ikut program jaminan hari tua dari BPJS Ketenagakerjaan. Keren kaan...dari namanya aja sudah menenangkan, jaminan hari tua, walaupun Saya belum merasa tua, paling tidak, bisa menatap hari tua dengan lebih pasti.
Beruntung lagi, Saya 'dipaksa' menabung 3% dari penghasilan setiap bulan dan beruntung lagi, Saya cuma bayar 1%, sisanya dibayarin kantor, ini juga bikin bahagia. Ternyata namanya program  jaminan pensiun dari BPJS Ketenagakerjaan. 

Dua program ini adalah salah satu amanat Undang-Undang No. 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Per tanggal 1 Januari 2014 PT. Jamsostek bertransformasi menjadi BPJS Ketenagakerjaan dan tetap menyelenggarakan program jaminan sosial tenaga kerja, yang meliputi Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Pensiun (JP) (sejarah ).

Buat Saya, yang masih di kelas pekerja, adanya program-program jaminan ini jelas membuat BAHAGIA. Bahagia ikut programnya untuk BAHAGIA DI HARI TUA.
Salam Bahagia!

<a href="https://www.blogger.c

About the Author

zhae_onnet. Follow me @Jaenudin_Rabu
View all posts by admin →

Get Updates

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

Share This Post

0 komentar:

Recent news

Blogroll

Discussion

© 2014 zhae_onnet. WP Theme-junkie converted by Bloggertheme9
Powered by Blogger.
back to top